5 Cara Memperbaiki Hubungan Kamu Dengan Pasanganmu

cara memerbaiki hubungan

5 Tips Cara Memperbaiki Hubungan Kamu Dengan Pasanganmu Mudah dan Simple

cara perbaiki hubungan

“Bagaimana Cara Memperbaiki Hubungan?” Pasangan bermasalah sering menanyakan pertanyaan ini dalam konseling hubungan atau pernikahan. Setelah kehabisan semua alat di kotak peralatan mereka, pasangan datang ke terapi sebagai pilihan terakhir mereka, merasa agak putus asa.

Memperbaiki suatu hubungan tidak memerlukan perubahan kepribadian, tetapi dibutuhkan usaha dan energi untuk mengasah keterampilan komunikasi Anda dan menciptakan keintiman dan koneksi yang lebih dalam. Lima tips langkah ini akan membantu Anda memulai perbaikan:

1. Hadapi dan rangkul perbedaan Anda.

Pernah tahu pasangan yang sepertinya tidak pernah bertengkar, siapa yang membuat iri pasangan lain di lingkaran pertemanan Anda? Mereka tampak seperti pasangan yang sempurna. Hal berikutnya yang Anda tahu, Anda terkejut mendengar mereka berpisah .

Kami melihat ini sepanjang waktu. Pasangan yang tampak paling damai mungkin tidak menghadapi perbedaan mereka. Mereka mungkin terlihat baik di luar, tetapi di balik itu semua mereka memiliki segunung rasa sakit, kemarahan , dendam, kesedihan, dan ketakutan bahwa mereka tidak dapat berbagi dalam hubungan mereka.

Mereka mungkin adalah “pemberi kesenangan” yang menghindari konflik dengan cara apa pun. Atau mungkin satu orang mengontrol hubungan dan yang lain tunduk. Either way, mereka tidak menghadapi dan merangkul masalah mereka.

Hubungan emosional terdalam dari cinta dan keintiman adalah hubungan di mana Anda dan pasangan benar-benar mengungkapkan perasaan tersulit di saat-saat tersulit; di mana Anda memilih untuk tidak menyembunyikan kerentanan; dan di mana Anda dengan rela melibatkan satu sama lain dalam perasaan yang sebenarnya—kemarahan, ketakutan, rasa sakit, dan cinta.

Baca Juga : Tips Cara Meditasi yang Baik dan Benar Untuk Pemula

2. Praktekan keterampilan komunikasi yang efektif.

berbicara dengan pasangan

  • Sediakan waktu reguler untuk berdialog tentang kekhawatiran. Nyatakan pikiran Anda dalam hal perilaku, tanpa menghakimi, menyerang, atau menyalahkan. Jadilah spesifik, konstruktif, dan positif.
  • Gunakan pernyataan “saya” untuk menyampaikan pikiran dan perasaan Anda. Miliki bagian Anda dari masalah. Beri tahu pasangan Anda bagaimana perilakunya memengaruhi Anda dan mengapa; misalnya, “Saat kamu berangkat kerja tanpa pamit, aku khawatir kamu akan marah padaku.”
  • Dengarkan cerita pasangan Anda sepenuhnya. Persepsi setiap orang adalah valid, terlepas dari apakah Anda setuju atau tidak. Dengarkan tanpa menyela atau menghakimi. Ingin tahu tentang sudut pandang pasangan Anda; misalnya, “Bantu saya memahami apa yang Anda maksud dengan …”
  • Parafrase pikiran pasangan Anda. Menegaskan bahwa Anda mendengarnya bukan berarti Anda setuju atau tidak setuju. Itu hanya berarti, “Saya mengerti dan percaya itulah cara Anda melihatnya.”
  • Berempati dengan perasaan pasangan Anda. Perasaan tidak pernah benar atau salah; mereka hanya perasaan. Dan semuanya asli. Mengekspresikan empati memvalidasi bahwa Anda mendengar perasaan pasangan Anda tanpa penilaian; misalnya, “Saya mengerti itulah yang membuat Anda merasa.”
  • Ambil giliran Anda. Setelah pasangan Anda merasa di dengar, bagikan cerita Anda dan mintalah pasangan Anda untuk memvalidasi dan berempati dengan pikiran dan perasaan Anda. Ketika orang benar-benar merasa di dengar dan di validasi, apakah mereka setuju atau tidak, itu seperti sulap. Mereka secara otomatis merasa lebih baik. Hanya dengan begitu orang dapat memecahkan masalah dan mencapai konsensus tentang solusi.
  • Letakkan masalah di “papan tulis”, Susun menjadi sebuah daftar, dan selesaikan masalahnya. Setelah setiap pasangan memiliki kesempatan untuk di dengar, jauh lebih mudah untuk bersikap rasional dan mencari solusi. Identifikasi tindakan spesifik yang dapat di lakukan setiap orang untuk memperbaiki bagian masalahnya.

3. Cintai pasangan Anda sebagaimana dia ingin menerima cinta.

Buat daftar tanggapan untuk: “Saya merasa dicintai ketika Anda …” Apa pun yang terjadi—beri saya bunga, rencanakan liburan akhir pekan, bawa pulang permen favorit saya, mulai seks. Pertukaran daftar. Memberi cinta dengan cara yang disukai pasangan Anda adalah hadiah terbesar dari semuanya. Menerima cinta dengan cara Anda menikmatinya juga tidak buruk.

4. Ciptakan kebiasaan mencintai.

Pada hari libur, kami mengungkapkan cinta kami dengan hadiah dan kasih sayang. Di hari lain, kita sering lupa. Secara sadar melakukan tindakan cinta kecil setiap hari menciptakan “kebiasaan cinta”—perilaku mencintai yang menjadi kebiasaan. Mempraktikkan kebiasaan cinta menumbuhkan koneksi dan keintiman. Sesederhana menyapa satu sama lain setelah bekerja setiap hari dengan ciuman di bibir dan pelukan panjang, menetapkan malam kencan yang teratur, pergi tidur bersama, dan merencanakan kencan seks yang teratur. Ketika Anda menunjukkan cinta Anda, Anda akan merasakan cinta Anda.

Baca Juga : Daftar 7 Tips Cara Untuk Menjadi Kaya dan Pensiun Lebih Cepat

5. Ungkapkan rasa terima kasih atas “hal-hal yang seharusnya dilakukan pasangan Anda.”

cara menyelesaikan masalah dengan pasangan

Kebanyakan orang berterima kasih kepada pasangannya ketika dia melakukan sesuatu yang istimewa. Bagaimana jika Anda berterima kasih padanya karena memasak makanan, atau dia karena memotong rumput? Tapi tunggu. “Mengapa saya harus berterima kasih kepada pasangan saya untuk tugas-tugas rutin?” Jawabannya: “Karena rasanya enak.” Setiap tetes cinta yang Anda ungkapkan memelihara dan memberi makan hubungan.

Mempraktikkan lima langkah ini akan menumbuhkan cinta dan koneksi Anda. Mulai hari ini. Bagikan artikel ini dengan pasangan Anda dan pastikan hubungan Anda langgeng seumur hidup. Itu tidak terjadi secara kebetulan. (Sumber : www.goodtherapy.org)

“Cinta bukan tentang menemukan orang yang tepat, tetapi menciptakan hubungan yang tepat. Ini bukan tentang seberapa banyak cinta yang Anda miliki di awal, tetapi seberapa banyak cinta yang Anda bangun sampai akhir.” -Tidak dikenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.