Pembunuhan Mahasiswi Asal China Zhifan Dong Seminggu Usai Melaporkan Pacarnya Ingin Membunuhnya

Mahasiswi Zhifan Dong Terbunuh Usai Melaporkan Bahwa Pacarnya Mengancam Ingin Membunuhnya

pembunuhan mahasiswi zhifan dong

Beritasewu – Sejumlah dokumen yang dirilis oleh Universitas Utah pada hari Selasa mengungkapkan serangkaian kegagalan yang mengarah pada pembunuhan seorang mahasiswi China Zhifan Dong, yang diduga dilakukan oleh mantan pacarnya.

Polisi Salt Lake City menemukan mahasiswa internasional Zhifan Dong, 19, tewas di sebuah kamar motel di luar kampus pada 11 Februari, ketika mereka menanggapi laporan dari departemen kepolisian Universitas Utah bahwa seorang pria mengancam akan membunuh pacarnya, kata para pejabat.

Mantan pacar Dong, Haoyu Wang, 26, juga berada di ruangan itu ketika polisi tiba dan mengklaim dia telah membunuh Dong sebelum mencoba bunuh diri dengan narkoba, menurut laporan itu. Dia juga seorang mahasiswa internasional dari China yang sedang belajar di Universitas Utah, menurut The Salt Lake Tribune.

Pacarnya Zhifan Dong Ditetapkan Sebagai Tersangka Utama

Wang telah di dakwa dengan pembunuhan dan pengacara yang mewakilinya, Joseph C. Alamilla, mengajukan pembelaan tidak bersalah atas namanya.

Dia akan menghadapi sidang kompetensi pada 8 Agustus, menurut dokumen pengadilan. “Begitu tekad itu di buat, kami siap untuk maju ke pengadilan dan dengan penuh semangat membela terhadap klaim yang di buat terhadapnya kepada juri dari rekan-rekannya,” kata Alamilla, menambahkan sebagian bahwa “ada masalah kesehatan mental mengenai semua orang yang terlibat di dalamnya. kasus ini yang perlu ditangani sebelum diadili.”

Pihak Universitas Utah Sudah Menerima Laporan Zhifan Dong

Sumber : (sltrib.com/)

Selama berminggu-minggu sebelum kematian Dong, universitas tahu dia berada dalam situasi kekerasan pasangan intim yang berbahaya, menurut garis waktu yang di rilis oleh universitas. Pada 14 Januari, Dong melaporkan ide bunuh diri Wang kepada staf perumahan dan membuat mereka sadar bahwa pacarnya telah di tangkap oleh polisi dua hari sebelumnya setelah pertengkaran dengannya, catatan timeline.

Dia di keluarkan perintah perlindungan sementara oleh polisi setelah insiden itu. Universitas menambahkan dalam timeline bahwa saat ini “tidak ada proses atau peraturan yang mengharuskan departemen kepolisian setempat untuk memberi tahu perguruan tinggi atau universitas tentang penangkapan atau perintah perlindungan yang melibatkan siswa.”

Teman Dong Sempat Membantu Membuat Laporan Pengancaman dan Kekerasan

Bailey McGartland, teman sekamar Dong yang juga seorang siswa di sekolah tersebut, mengatakan kepada surat kabar kampus bahwa dia membantu Dong dalam pengancaman Pembunuhan Mahasiswi Zhifan Dong mengajukan laporan kekerasan dalam rumah tangga dan permintaan pemeriksaan kesehatan.

“Saya merasa sangat marah,” kata McGartland kepada Daily Utah Chronicle. “Itu benar-benar bisa di cegah.”
Dokumen-dokumen tersebut, yang di publikasikan setelah The Salt Lake City Tribune mendorong agar catatan publik tentang kasus tersebut di rilis, menggambarkan bagaimana mantan karyawan perumahan kampus menunda memberi tahu departemen kepolisian universitas tentang laporan kekerasan pasangan intim.

Pemunuhan Mahasiswi Seperti Zhifan Dong Bukan yang Pertama

Mereka juga memberikan bukti “komunikasi internal yang tidak memadai dan tidak profesional,” kata Presiden Universitas Taylor Randall, serta “proses, prosedur, dan pelatihan di perumahan yang perlu di klarifikasi dan di tingkatkan.”

“Meskipun universitas melakukan upaya ekstensif untuk mendukung dan memastikan keamanan Dong dan memberikan bantuan kepada Wang, evaluasi diri kami mengungkapkan kekurangannya,” kata Randall.

Administrator juga menghukum staf perumahan dalam sebuah surat kepada mereka pada pertengahan Maret karena tidak mengangkat kasus Dong ke masalah “kesejahteraan”, klasifikasi perhatian yang lebih tinggi. Surat itu termasuk di antara dokumen yang di rilis minggu ini.

Orang tua Zhifan Dong Kecewa Dengan Pihak Universitas yang Kurang Sigap Dengan Laporan Anaknya

Orang tua Dong, Junfang Shen dan Mingsheng Dong, yang berasal dari provinsi Henan China, mengatakan bahwa universitas telah “menggagalkan” putri mereka.

“Kami memercayai Universitas Utah dengan keselamatan putri kami, dan mereka mengkhianati kepercayaan itu,” kata mereka dalam sebuah pernyataan yang di berikan kepada NBC News oleh pengacara mereka. “Mereka tahu Zhifan dalam bahaya serius tetapi gagal melindunginya saat dia sangat membutuhkannya. Kami tidak ingin kematiannya sia-sia.”

Pengacara mereka, Brian C. Stewart, dari firma Parker & McConkie, mengatakan dalam email bahwa keluarga telah mempertahankan firmanya dan berencana untuk menuntut universitas karena gagal mengambil langkah-langkah yang di perlukan untuk melindungi Dong.

Kejadian Serupa Pernah Terjadi Karena Kegagalan Pihak Kampus

Perusahaan yang sama juga mendapatkan penyelesaian jutaan dolar dari universitas pada Oktober 2020 dalam gugatan kematian yang salah. Dalam kasus itu, seorang atlet atletik bernama Lauren McCluskey telah menelepon polisi kampus lebih dari 20 kali untuk melaporkan di lecehkan oleh seorang mantan pacar sebelum dia membunuhnya pada Oktober 2018.

Pejabat universitas telah menyebutkan peningkatan dalam komunikasi dan koordinasi antara keselamatan publik dan lainnya. departemen sejak kematian McCluskey, tetapi audit independen di rilis pada bulan April, yang setelah kematian Dong, mengidentifikasi titik-titik lemah seperti keterlambatan petugas menerima informasi yang tepat waktu.

Sumber : (NBCNews)

One thought on “Pembunuhan Mahasiswi Asal China Zhifan Dong Seminggu Usai Melaporkan Pacarnya Ingin Membunuhnya

  1. Kecelakaan Beruntun Sepeda di Tour de France Femmes 2022 - BERITASEWU Juli 30, 2022 at 9:52 am

    […] Baca Juga : Pembunuhan Mahasiswa China Zhifan Dong […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.