Perbandingan Iphone 14 Dan Iphone 13, Perlukah Membelinya

tips iphone 14

Iphone 13 dan Iphone 14 Perbandingan dan Perlukah Membelinya

iphone 14 terbaru

Beritasewu Teknologi – IPhone 14 dan iPhone 14‌ Max di harapkan untuk menggantikan iPhone 13 mini dan iPhone 13 di acara Apple bulan depan, tetapi seberapa berbeda dua generasi iPhone yang di keluarkan berturut-turut yang di kabarkan?

Pada tahun 2021, Apple meluncurkan iPhone 13‌ sebagai penerus iPhone 12 yang populer , dengan kamera belakang yang di tingkatkan, masa pakai baterai yang lebih lama, chip A15 Bionic, dan banyak lagi. Sebagai perangkat yang lebih terjangkau daripada model Pro, tetapi lebih berfitur lengkap daripada iPhone SE murah , iPhone 14‌ kemungkinan akan menjadi pilihan paling populer di antara model iPhone baru.

Karena iPhone 13‌ dan iPhone 14‌ tampaknya akan berbagi banyak fitur, haruskah Anda mempertimbangkan untuk tetap menggunakan iPhone 13 untuk menghemat uang? Panduan kami membantu menjawab pertanyaan tentang bagaimana memutuskan mana dari kedua iPhone ini yang terbaik untuk Anda.

Perbandingan iPhone 13 dan iPhone 14

iPhone 13‌ dan iPhone 14‌ di harapkan memiliki banyak fitur utama, seperti ukuran layar, konektivitas 5G, dan spesifikasi kamera lebar. Fitur berikut kemungkinan akan tetap sama:

  • Layar OLED Super Retina XDR dengan HDR, True Tone, warna lebar P3, Haptic Touch , dan kecerahan maksimal 800 nits (khas)
  • ID Wajah
  • Konektivitas 6GHz 5G (dan mmWave di AS)
  • Chip Bionic A15
  • Dual SIM (nano-SIM dan eSIM) dan dukungan eSIM ganda
  • /1.6 Kamera belakang lebar
  • Fitur fotografi termasuk mode Malam, Deep Fusion, flash True Tone dengan Sinkronisasi Lambat, mode Potret, Smart HDR 4, Gaya
  • Fotografi, dan banyak lagi
  • Fitur videografi termasuk perekaman video 4K hingga 60fps, perekaman video HDR hingga 4K pada 60fps, perekaman video HDR dengan Dolby Vision, Audio zoom, video slo-mo hingga 240fps pada 1080p, Mode malam Time-lapse, dan banyak lagi
  • Perekaman video mode sinematik dengan kedalaman bidang yang dangkal (1080p pada 30 fps)
  • Perisai Keramik bagian depan
  • Tahan percikan, air, dan debu dengan peringkat IP68
  • Aluminium kelas kedirgantaraan
  • Pengisian daya nirkabel MagSafe dan Qi
  • konektor listrik
  • Tersedia dalam pilihan warna Starlight, Midnight, Blue, dan PRODUCT(RED)

iPhone 14‌ masih di harapkan menawarkan sejumlah peningkatan utama pada iPhone 13‌, seperti lebih banyak memori dan kamera yang di tingkatkan:

Perbedaan Iphone 13 dan Iphone 14

Iphone 13

  • Tersedia dalam ukuran layar 5,4 inci dan 6,1 inci
  • Chip A15 Bionic dengan GPU empat inti
  • 4GB memori LPDDR 4X
  • Kamera 12MP /2.4 Ultra Lebar
  • 12MP /2.2 Kamera depan lebar dengan fokus tetap
  • Konektivitas Wi-Fi 6
  • Tersedia dalam warna Starlight, Midnight, Blue, Pink, Green, dan PRODUCT(RED)

Iphone 14

  • Tersedia ukuran layar 6,1 inci dan 6,7 inci
  • Chip A15 Bionic dengan peningkatan kinerja kecil dan berpotensi menjadi GPU lima inti
  • 6GB memori LPDDR 4X
  • Kamera 12MP /1.8 Ultra Lebar
  • 12MP /1.9 Kamera depan lebar dengan fokus otomatis
  • Konektivitas Wi-Fi 6E
  • Chip 5G baru yang lebih efisien yang dapat memperpanjang masa pakai baterai
  • Fitur darurat berbasis satelit untuk memungkinkan pengguna mengirim pesan dalam situasi darurat dan melaporkan keadaan darurat besar
  • Tersedia dalam warna Starlight, Midnight, Blue, Purple, dan PRODUCT(RED)

Pilihan Ukuran : Mini vs Max

Setelah penjualan yang lesu untuk iPhone 12 mini dan ‘iPhone 13’ mini, yang keduanya menampilkan layar 5,4 inci, Apple dilaporkan berencana untuk menghentikan iPhone dengan faktor bentuk kecil dan memperkenalkan model yang lebih besar untuk menggantikannya di jajaran.

“‌iPhone 14‌ Max” diharapkan berada di atas iPhone 14‌ dalam jajaran dan menampilkan layar 6,7 inci seperti iPhone 12 Pro Max dan iPhone 13 Pro Max. Dengan cara yang sama seperti iPhone “mini” dalam beberapa tahun terakhir telah menawarkan semua fitur yang sama seperti model iPhone 12‌ dan iPhone 13‌ standar, iPhone 14‌ Max diharapkan menawarkan semua fitur yang sama dengan standar iPhone 14‌ tetapi dengan tampilan yang jauh lebih besar.

Meskipun kabarnya tidak akan ada “‌iPhone 14‌ mini“, iPhone 14‌ Max akan memberikan opsi bagi pengguna yang menginginkan iPhone baru dengan layar yang lebih besar, tetapi tidak memerlukan fitur “Pro” seperti layar ProMotion dan kamera telefoto. Sebagai salah satu perubahan visual yang paling mencolok dalam jajaran iPhone‌ tahun ini, iPhone 14‌ Max dapat menjadi pusat perhatian dalam pemasaran iPhone 14.

Baca Juga :  Cara Membatalkan dan Edit Pesan Iphone Pada IOS 16

Pilihan Desain dan Warna

Ketiga Baik iPhone 13‌ dan iPhone 14‌ di harapkan memiliki desain industri yang sama dengan tepi persegi, pita aluminium datar di sekitar sisi, dan kamera belakang offset horizontal. Oleh karena itu Perangkat kemungkinan akan menggunakan aluminium kelas kedirgantaraan yang sama di bagian tepinya dan satu bagian kaca yang dipoles di bagian belakang.

iPhone 14‌ dan iPhone 14‌ Max dikabarkan akan hadir dalam berbagai pilihan warna, terdiri dari hitam, putih, biru, merah, dan ungu.

Dengan asumsi bahwa rumor tentang opsi hitam dan putih untuk iPhone 14‌ sebenarnya mengacu pada Midnight dan Starlight, jajaran warna baru akan berarti penghentian Pink dan Hijau iPhone 13‌.

Penambahan Terhadap Warna

Oleh sebab itu Tidak termasuk penambahan warna pertengahan siklus, seperti Green dan Alpine Green untuk iPhone 13 dan iPhone 13 Pro awal tahun ini, informasi tersebut menunjukkan bahwa “iPhone 14” akan diluncurkan dengan jumlah pilihan warna yang sama dengan pendahulunya.

Seperti dalam beberapa tahun terakhir di mana warna polikrom yang sama di seluruh generasi telah di perbarui, opsi warna biru dan merah iPhone 14‌ cenderung menjadi nuansa yang lebih segar di bandingkan dengan model iPhone 13‌.

Namun demikian, pilihan pilihan warna iPhone 14‌ dapat terlihat cukup mirip dengan iPhone 12‌ dan iPhone 13‌, tetapi kemungkinan akan di bunyikan dengan pengenalan kembali warna ungu.

Pilihan warna ungu untuk iPhone 14‌ tampaknya masuk akal mengingat bahwa Apple memperkenalkan iPhone 12‌ dan iPhone 12 mini Purple Ungu dalam penyegaran pertengahan siklus pada bulan April tahun lalu untuk tanggapan positif dari pelanggan, dan iMac 24 inci, iPad generasi keenam. mini, dan iPad Air generasi kelima semuanya tersedia dalam warna Ungu.

Chip Bionik A15

Pada bulan Maret, analis Apple Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa hanya model iPhone 14 Pro yang akan menampilkan chip A16 , dengan model standar iPhone 14‌ dan iPhone 14‌ Max di lengkapi dengan chip A15 seperti iPhone 13‌. Dalam buletin edisi April, Mark Gurman dari Bloomberg setuju bahwa model standar “iPhone 14” “kemungkinan akan tetap menggunakan A15 dari tahun lalu atau variannya.” Desas-desus itu telah di gaungkan oleh sumber lain seperti perusahaan riset Taiwan TrendForce.

chip bionic iphone 14

Hal ini berbeda dengan strategi Apple selama ini yang membekali semua iPhone terbaru dengan chip yang sama. Misalnya, iPhone 13‌ mini, iPhone 13‌, iPhone 13 Pro‌, dan iPhone 13 Pro‌ Max semuanya di lengkapi dengan chip A15.

Chip A15 Bionic iPhone 13‌ membawa peningkatan kinerja sederhana di bandingkan A14 Bionic di iPhone 12‌. Benchmark menunjukkan bahwa A15 di iPhone 13‌ menawarkan kinerja inti tunggal sekitar 10 persen lebih baik dan kinerja multi-inti 18 persen lebih baik di bandingkan dengan chip A14 iPhone 12‌. Dalam tugas grafis, iPhone 13‌ berkinerja sekitar 15 persen lebih baik daripada A14 Bionic di iPhone 12‌.

Model iPhone 14‌ standar masih dapat memiliki kinerja yang sedikit lebih baik daripada iPhone 13‌, meskipun mengandung chip A15 Bionic yang sama, menurut pembocor yang di kenal sebagai ” ShrimpApplePro .” Meskipun mempertahankan ” beberapa perangkat keras lama”, model iPhone 14‌ non-Pro akan “masih memiliki beberapa peningkatan kinerja secara keseluruhan di bandingkan seri iPhone 13‌” karena desain internal baru, di antara perubahan lainnya.

Baik iPhone 13‌‌ dan iPhone 13 Pro‌‌ mengandung chip A15 Bionic. Meskipun chip di kedua iPhone sama, GPU di iPhone 13 Pro‌‌ berisi satu inti tambahan untuk kinerja yang sedikit lebih baik dari iPhone 13 Pro‌‌ saat melakukan aktivitas seperti bermain game atau mengedit video. Tampaknya iPhone 14‌ akan mendapatkan versi A15 yang sedikit lebih baik ini untuk memberikan keunggulan di bandingkan iPhone 13‌ standar.

50% Lebih Banyak Memori

Ming-Chi Kuo‌ percaya bahwa semua model iPhone 14‌ akan memiliki memori 6GB , dengan model iPhone 14‌ standar memiliki memori LPDDR 4X dan model iPhone 14 Pro memiliki memori LPDDR 5.

Saat ini, iPhone 13‌ mini dan iPhone 13‌ memiliki memori 4GB , sedangkan iPhone 13 Pro‌ dan iPhone 13 Pro‌ Max sudah memiliki memori 6GB . Jumlah ini tidak berubah dari jajaran iPhone 12 . Meskipun Kuo menyarankan bahwa semua model iPhone 14‌ akan menampilkan memori 6GB, memori LPDDR 5 iPhone 14 Pro‌ dan iPhone 14 Pro‌ Max akan satu setengah kali lebih cepat dan hingga 30 persen lebih hemat daya.

Memori 50 persen lebih banyak di iPhone 14‌ dan iPhone 14‌ Max dapat memungkinkannya untuk membuat lebih banyak aplikasi dan tab browser terbuka di latar belakang untuk memulai kembali lebih cepat, memberi pengembang lebih banyak ruang kepala untuk membangun aplikasi yang kuat dan haus memori, dan membuat perangkat lebih masa depan -bukti di tahun-tahun mendatang.

Peningkatan Daya Tahan Baterai

Battery Iphone 14

iPhone 14‌ dan iPhone 14‌ Max dapat menawarkan masa pakai baterai yang lebih baik berkat chip 5G baru yang lebih efisien.

Chip 5G RF iPhone 14‌ di katakan di buat dengan proses 6nm TSMC, menyediakan chip yang secara fisik lebih kecil dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Proses RF 6nm memungkinkan chip menggunakan lebih sedikit daya pada pita sub-6GHz dan mmWave 5G sambil tetap memberikan kinerja tingkat tinggi.

Selain lebih efisien, mengecilkan komponen transceiver RF besar di dalam iPhone‌ di harapkan dapat mengosongkan ruang fisik. Setiap milimeter persegi tambahan volume yang di klaim akan menciptakan lebih banyak ruang untuk baterai yang lebih besar. Bersama-sama, peningkatan efisiensi dan miniaturisasi chip RF iPhone 14‌ di yakini menghasilkan masa pakai baterai yang lebih baik secara keseluruhan.

Konektivitas Wi-Fi 6E

Semua model iPhone 14‌ diharapkan mendukung Wi-Fi 6E. Wi-Fi 6E menawarkan fitur dan kemampuan Wi-Fi 6, termasuk kinerja yang lebih tinggi, latensi yang lebih rendah, dan kecepatan data yang lebih cepat, yang diperluas hingga pita 6 GHz. Spektrum tambahan menyediakan lebih banyak wilayah udara di luar 2.4GHz dan 5GHz Wi-Fi yang ada, menghasilkan peningkatan bandwidth dan lebih sedikit interferensi.

Fitur Satelit Darurat

Dengan fitur yang awalnya di rumorkan untuk jajaran iPhone 13, modem Qualcomm Snapdragon X65 di jajaran iPhone 14‌ di harapkan dapat memfasilitasi sejumlah fitur darurat berbasis satelit untuk memungkinkan pengguna mengirim pesan dalam situasi darurat dan melaporkan keadaan darurat besar di lokasi. di mana tidak ada jangkauan seluler.

Secara khusus, Pesan Darurat melalui satelit akan memungkinkan pengguna untuk mengirim SMS ke layanan darurat dan kontak menggunakan jaringan satelit ketika tidak ada sinyal seluler atau WiFi yang tersedia. Ini konon akan menjadi protokol komunikasi baru bersama SMS dan iMessage, akan menampilkan gelembung pesan abu-abu, dan panjang pesan akan di batasi. Fitur lain akan memungkinkan pengguna melaporkan keadaan darurat besar seperti kecelakaan pesawat dan kebakaran menggunakan komunikasi satelit.

Fitur-fitur ini masih dalam pengembangan dan di kabarkan akan di luncurkan paling cepat pada 2022, tetapi perkiraan lain telah menempatkan fitur tersebut lebih kuat dengan jajaran iPhone 14‌ dan Apple Watch Series 8 .

Peningkatan Kamera Ultra Lebar

Sementara model iPhone 14‌ di laporkan akan kehilangan kamera Wide 48 megapiksel yang baru dan tetap menggunakan kamera Wide 12 megapiksel dari iPhone 13, semua iPhone standar 2022 dapat melihat peningkatan pada kamera Ultra Wide.

iPhone 13 Pro‌ memperkenalkan kamera Ultra Wide /1.8, 6P (lensa enam elemen) baru dengan fokus otomatis. Tahun ini, kamera Ultra Wide /1.8 yang di tingkatkan ini di kabarkan akan mengalir ke kedua model iPhone 14‌ standar.

Peningkatan Kamera Depan

Bersamaan dengan peningkatan pada sistem kamera belakang, kamera depan iPhone 14‌ di kabarkan memiliki peningkatan yang lebih signifikan.

Secara khusus, keempat model iPhone 14‌ kemungkinan akan menampilkan sistem kamera depan yang di tingkatkan dengan fokus otomatis dan aperture /1.9 yang lebih lebar. Sebagai perbandingan, kamera depan pada semua model iPhone 13‌ memiliki fokus tetap dan bukaan /2.2.

Bukaan yang lebih lebar akan memungkinkan lebih banyak cahaya melewati lensa dan mencapai sensor. Kuo mengatakan bahwa peningkatan kamera ini dapat menghasilkan efek kedalaman bidang yang lebih baik untuk foto dan video mode Potret, sementara fokus otomatis dapat memperkuat fokus selama panggilan video FaceTime dan Zoom.

Kesimpulan Akhir

Peningkatan iPhone 14‌ di atas iPhone 13‌ terlihat sebagian besar berulang, menawarkan penyempurnaan dalam hal kemampuan fotografi dan videografi, lebih banyak memori, dan peningkatan konektivitas.

Peningkatan yang lebih signifikan mungkin termasuk kamera Ultra Wide. kamera menghadap ke depan, dan masa pakai baterai yang lebih lama. tetapi pada nilai nominalnya kemungkinan tidak cukup untuk membenarkan mendapatkan model baru di atas “iPhone 13” untuk sebagian besar pelanggan.

iPhone 13‌ masih sangat mampu untuk penggunaan sehari-hari, dan iPhone 14‌ mungkin akan berbagi sebagian besar fitur iPhone 13‌ yang paling serbaguna, seperti chip A15.

layar OLED Super Retina XDR, Ceramic Shield, Mode malam, MagSafe‌, dan Tahan air IP68, yang mungkin membuat peningkatan ke iPhone 14‌ sulit dibenarkan.

Apple di laporkan berencana untuk mengungkap model iPhone 14‌ di acaranya pada hari Rabu, 7 September dengan tagline “Far out.” Pra-pemesanan untuk perangkat kemungkinan akan di mulai akhir minggu itu, dengan unit pertama tiba ke pelanggan sekitar Jumat, 16 September. Artikel ini akan di perbarui saat kita mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana iPhone 14‌ di bandingkan dengan iPhone 13‌. (Sumber: macrumors.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *